Focus and Scope

Jurnal Imbaya mempublikasikan artikel-artikel ilmiah yang berfokus pada kajian di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra, dan Linguistik. Jurnal ini menerima kontribusi dari peneliti, akademisi, praktisi pendidikan, dan mahasiswa pascasarjana yang relevan dengan ruang lingkup berikut:

1. Pendidikan Bahasa Indonesia

  • Metode dan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia

  • Kurikulum, pengembangan bahan ajar, dan evaluasi pembelajaran

  • Media dan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia

  • Pendidikan literasi dan pengembangan keterampilan berbahasa

  • Inovasi dalam pengajaran Bahasa Indonesia di berbagai jenjang pendidikan

2. Kajian Sastra

  • Analisis karya sastra Indonesia klasik maupun modern

  • Kritik sastra, teori sastra, dan pendekatan interdisipliner

  • Sastra anak, sastra daerah, dan sastra lisan

  • Pengajaran sastra dalam konteks pendidikan

  • Sastra dan nilai-nilai budaya, sosial, serta pendidikan karakter

3. Linguistik

  • Linguistik teoretis: fonologi, morfologi, sintaksis, semantik

  • Linguistik terapan dalam konteks pendidikan dan pengajaran bahasa

  • Sosiolinguistik, pragmatik, dan analisis wacana

  • Stilistika, semiotika, dan kajian bahasa dalam media

  • Perkembangan bahasa Indonesia dan bahasa daerah dalam masyarakat

Jurnal Imbaya terbuka untuk pendekatan penelitian kualitatif, kuantitatif, maupun campuran (mixed methods), serta studi kepustakaan dan kajian teoretis yang memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu di bidang Bahasa Indonesia, Sastra, dan Linguistik.